Jumat, 30 Maret 2012

Komunikasi (part 3) - Jenis dan Tujuan Komunikasi

Nampaknya ada yang saya lupakan sejak awal penulisan tentang Komunikasi. Komunikasi pada intinya adalah sebuah PERSEPSI. Maksudnya adalah pengalaman atas objek, peristiwa dan hubungan-hubungan yang disimpulkan dan ditafsirkan sebagai sebuah pesan. Kok bisa inti komunikasi adalah persepsi?

Komunikasi itu pada dasarnya dilakukan untuk menyamakan makna, memunculkan kesamaan makna. Makna itu terkait dengan persepsi. Ranah menyamakan makna itu terdapat dalam persepsi. Ya itulah inti dari komunikasi. Lalu, jika inti dari komunikasi adalah persepsi dan untuk menyamakan makna, buat apalagi belajar ilmu komunikasi?

Ilmu komunikasi itu mempelajari beragam hal terkait komunikasi. Komunikasi itu beragam jenisnya, sehingga perlu mempelajarinya agar dapat menjadi tool mempermudah hidup kita. Jenis komunikasi berdasarkan konteksnya ada 7, yaitu:
1. komunikasi intrapersonal
2. komunikasi interpersonal
3. komunikasi kelompok kecil
4. komunikasi organisasi
5. komunikasi publik
6. komunikasi antarbudaya
7. komunikasi massa

Kembali ke paragraf sebelumnya. Kita menyamakan makna diantara orang-orang yang kita ajak komunikasi itu memiliki tujuan kan?? pastinya! Tujuan kita menyamakan makna (tujuan komunikasi) itu diantaranya adalah agar kita menemukan inner self kita sendiri dan dunia luar, untuk berhubungan dengan orang lain, untuk menghibur diri dan orang lain, dan untuk meyakinkan orang lain agar mengubah sikapnya menyesuaikan keinginan kita (menurut DeVito). Sebenarnya masih ada beberapa tujuan komunikasi yang lainnya...Menurut Gorden dalam buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar karya Prof. Deddy Mulyana, tujuan komunikasi itu digunakan sebagai :
1. Komunikasi Sosial : komunikasi digunakan untuk menghibur, berhubungan dengan orang lain, dan mengembangkan diri.
2. Komunikasi Ekspresif:  komunikasi dilakukan untuk mengekspresikan diri kita, menyampaikan ide-ide kita, menyampaikan diri kita agar diketahui orang lain.
3. Komunikasi Ritual
4. Komunikasi Instrumental: komunikasi hanyalah alat untuk membujuk, memberitahu, dan menghibur...hehehe

Sekian dulu ya,, semoga di tulisan berikutnya saya menulis prinsip-prinsip komunikasi... Adios ^^Y 
Silahkan rujuk buku: (1)  Ilmu Komunikasi suatu pengantar karya Deddy Mulyana .(2) Psikologi Komunikasi karya Jalaludin Rahmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar