Selasa, 27 Maret 2012

Definisi Komunikasi

Dalam tulisan ini, saya ingin menuliskan artikel atau apapun namanya terkait KOMUNIKASI. Saya ingin berbagi sedikit (sedang melatih diri sendiri untuk menuliskan pikiran dan sedikit resume dari buku2 komunikasi).

Kita mulai dengan Definisi Komunikasi,
Komunikasi adalah tindakan manusia dalam mengirim dan menerima pesan (verbal dan non verbal) yang terjadi dalam konteks tertentu, terdapatnya pengaruh terhadap pihak terkait dan terjadi proses timbal balik yang terkadang muncul noise (gangguan). 

Sebagai contoh, dua orang sahabat sedang ngobrol tentang "kopi susu". Si Andi meminta si Budi untuk membuatkannya kopi susu. Lalu, si Budi ke dapur dan membuat kopi dan susu dalam gelas yang berbeda. Si Budi menyerahkannya ke si Andi. Lalu, Andi melongo dan berkata "kan gue mintanya kopi susu, bukan kopi dan susu". Lalu Budi pun merespon, "emang ada ya kopi susu?? gue taunya kopi ya kopi... susu ya susu.."

Mari kita bedah, 
Si Andi dan Budi adalah pelaku komunikasi.
Pernyataan Andi yang ingin dibuatkan kopi susu adalah pesan verbal.
Dibuatkannya kopi dan susu adalah salah satu pengaruh yang muncul.
lalu, pernyataan:     "kan gue mintanya kopi susu, bukan kopi dan susu". Lalu Budi pun merespon, "emang ada ya kopi susu?? gue taunya kopi ya kopi... susu ya susu.." adalah proses timbal balik dalam komunikasi.
Lalu, noise yang terjadi berupa noise semantik, karena Andi minta "kopi susu", sedangkan Budi menanggapinya sebagai "Kopi dan susu".

Sampe sini dulu deh nulis tentang Definisi Komunikasinya... Mudah2an bisa saya lanjutkan di tulisan lainnya. 
Adios 
^^Y



Tidak ada komentar:

Posting Komentar